C. Menampilkan Karakter Pada LCD
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply
1. Hardware [kembali]
Prinsip Kerja:
Pada rangkaian ini, yaitu menampilkan karakter pada LCD, membutuhkan beberapa komponen seperti Mikroprosesor ATMega128 sebagai otak dari rangkaian ini, LCD sebagai keluaran berupa gambar atau karakter, dan switch sebagai masukan, LCD dihubungkan dengan PORT A, dan switch pada PORT D. ketika switch pertama ditekan, maka pada LCD akan tampil tulisan "Tekan switch 1". dan jika switch kedua di tekan, maka pada LCD akan tampil tulisan "Tekan Switch 2".
#include <mega128.h> //memanggil library atmega 128
#include <alcd.h> //memanggil library LCD
#include <delay.h> //memanggil library delay
void main(void) //program inti
{
PORTD=0x00; //deklarasikan port D dalam keadaan mati
DDRD=0x00; //deklarasikan port D sebagai input
lcd_init(16); //menggunakan LCD 16*2
while(1) //perulangan
{
if (PIND.0 == 1) //jika nilai pin D 0 bernilai 1
{
lcd_gotoxy(1,0); //posisi tulisan pada LCD
lcd_putsf("Tekan Switch 1"); //tulisan yang akan ditampilkan
delay_ms(50); //jeda(delay)
lcd_clear(); //reset LCD
}
if (PIND.1 == 1) //jika nilai pin D 1 bernilai 1
{
lcd_gotoxy(1,1); //posisi tulisan LCD
lcd_putsf("Tekan Switch 2"); //tulisan yang ditampilkan
delay_ms(50); //delay
lcd_clear(); //reset lcd
}
}
}
5. Video Praktikum [kembali]
6. Link Download [kembali]
Video - Download
List Program - Download
Proteus - Download
No comments:
Post a Comment